Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image

Apa itu "Cloud Computing"?

  • Sunday, May 30, 2010
  • zana991
  • Cloud Computing
    Kembali mengenai cloud computing; ternyata setelah beberapa waktu mencari info baru saya tau bahwa ternyata konsep cloud computing ini sudah berdengung di dunia internasional (amerika khususnya) sudah terdengar sekitar 2 tahun lalu (tahun 2007), tapi untuk di Indonesia sendiri sepertinya masih belum terdengar.

    Nah, kebetulan saya mendapatkan video yang menarik dari youtube yang isinya adalah interview kepada orang-orang yang bergerak di bidang teknologi dengan pertanyaan, apakah cloud computing itu?

    Jay Cross - Champion of informal learning, web 2.0
    "dengan banyaknya jaringan diseluruh dunia yang menghubungkan saya dengan seseorang, saya akan sangat senang jika tidak perlu berurusan dengan koneksi jaringan tersebut"

    Kevin Marks - Developer Advocate, Google
    "cloud computing membutuhkan internet sebagai penghubung, Dan pada cloud computing seseorang dapat memperoleh data tanpa peduli dari mana asalnya, yang terpenting adalah bisa mendapatkan data yang dibutuhkan"

    Dan Forber - Editor & Chief, CNET News
    "jaman sekarang ada 3 platform yaitu desktop, mobile dan cloud (internet) yang tanpa disadari semuanya itu menuju ke cloud (internet)"

    Meggie Fox - Founder, CEO, Social Media Group
    "Jika anda membutuhkan software, maka itu bukan cloud computing. Jika anda membutuhkan hardware khusus, maka itu bukan cloud computing. Jadi inti dari cloud computing adalah proses yang terjadi di suatu server entah dimana dan koneksi internet"

    Tim O'reilly - Founder, CEO, O'reilly Media
    "cloud computing adalah memanfaatkan komputer raksasa yang terdiri dari PC perorangan yang saling terhubung"

    Matt Mullenweg - Co-founder of Wordpress, founder of Automattic
    "cloud computing bertujuan untuk memberikan kemudahan, agar semua otomatis. Padahal tidak karena masih harus memikirkan bandwith, data table dan koneksi serta hal-hal lainnya"

    Dari semua komentar tersebut, ada beberapa hal yang menurut saya menjadi hal yang penting dalam cloud computing yaitu : cloud (internet), kemudahan dan sederhana. Bahkan seperti kata Maggie Fox, kalau memungkinkan tidak memerlukan software dan hardware yang dibutuhkan hanya internet. Tapi seperti yang anda lihat, cloud computing sendiri masih konsep dan usaha dan belum dapat dicapai 100%. Tapi kita lihat saja nanti bagaimana kelanjutannya.

    sumber web : vidyaputra

    0 comments: